Dialog
> Dialog memliki 2 arti baik dari segi umum maupun khusus. Dialog dari segi umum memrupakan percakapan antara dua kelompok atau lebih, sedangkan dalam arti khusus/konteks dialog merupakan struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.
Adapun beberapa bahasa komputer dapat dibagi menjadi 3 yaitu:
1. Leksikal
--> merupakan tingkat yang paling rendah.
--> yaitu bentuk icon pada layar.
--> pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata.
2. Sintaksis
--> yaitu urutan dan struktur dari input dan output.
--> pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat.
3. Semantik
--> yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/atau dunia eksternal.
--> pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari para partisipan dalam percakapan.
Dalam user interface, istilah dialog hampir sama dengan tingkat sintaksis, namun dapat juga meliputi sifat-sifat leksikal.
Dialog manusia-komputer
1. Berbeda dengan dialog antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas
2. Beberapa ciri-ciri dari dialog terstruktur yang nantinya ditemukan dalam dialog komputer:
- menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan.
- beberapa bagian dari dialog dilakukan secara bersamaan (concurrently).
- dialog berikutnya tergantung pada respons dari partisipan.
- dialog terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti kata-katanya / semantik tapi pada level sintaksis.
PROSES PERANCANGAN DIALOG
Advice:
1. Rangkaian Dialog menggambarkan struktur tugas, i.e. 1 rangkaian
dialog --------> 1 goal
achieve
2. Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, mis. help system, tutorial sub-sytem.
3. Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas.
DFD untuk desain dialog
· Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module.
Contoh: Sistem Pemesanan Buku di Perpustakaan
· Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task description, tapi harus dimasukkan dalam sistem yang baru
· Empat hal utama dalam desain yang harus diperhatikan dalam GUI metaphor:
- Pemilihan dan representasi dari conceptual metaphor.
- Representasi dari obyek interaktif dalam metaphor.
- Perancangan manipulasi untuk mengimplementasikan user action.
- Desain micro-metaphors untuk control action dan representasi dari commands.
Dalam mendesain dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan.
Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?
· Agar mudah dianalisa
· Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
· Apabila notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi
tersebut bisa membantu desainer untuk menganalisa struktur yang
diajukan.
NOTASI DIAGRAMATIK
· Notasi diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog
· Kelebihan:
--> Memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog.
· Kekurangan:
--> Sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks.
Contoh notasi diagramatik adalah :
1. State transition networks (STN)
2. Harel’s state charts
3. Traditional flow diagrams
4. JSD diagrams
Sumber : http://dewiar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.0
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Pages
0 komentar:
Posting Komentar